Rabu, 20 Oktober 2010

masalah lingkungan

1 fenomena yang terjadi di alam mengeni air sehigga menjadi langka
beberapa fenomene dialam yang  menebabkan air menjadi langka yaitu:
  • penggundulan hutan, sehingga menyebabkan tidak adanya akar-akar pohon besar yang menyerap atau menampung air hujan yang jatuh ke permukaan tanah, hal ini menyebabkan air yang hujan yang jatuh langsung mengalir di permukaan tanah bahkan menyebabkan banjir.
  • di sebagian daerah air menjadi langka karena hujan tidak turun,terutama paa saat musim kemarau.
  • tidak adanya sumur resapan atau biopori yang menyerap air saat musim hujan,sehingga pada saat musim kemarau datang terjadi kelangkaan air akibat tidak adanya cadangan air atu persediaan ai tanah
2. krisis air semakin parah keadaannya akibat pengelolaan air yang tidak benar.mengapa?
 karena pengelolaan air yang tidak benar sama saja dengan mengeksploitasi air,padahal dalam penggunaannya seharusnya air dihemat agar tidak terbuang sia-sia.

3. Berikan contoh kasus di Jawa yang mendapatkan dampak dari privatisasi
Sebagai contoh, privatisasi air menyebabkan lebih dari 9.000 KK di Serang terancam kekurangan air baik untuk konsumsi rumah tangga maupun untuk lahan sawah akibat dari pembangunan pembangunan pabrik air Danone seluas 100 hektar sawah yang subur di Padaricang untuk kemudian dikonversi menjadi sumur arthesis penghasil air. Akibat protes petani, maka kegiatan penyedotan air dihentikan pada September 2008.

4.Jelaskan krisis air sebagai kerusakan ekologi
krisi air adalah dimensi kerusakan ekologis bumi yang menyebar dan paling tidak terlihat. Persoalan ini bukan hanya terjadi akibat pertumbuhan populasi, tapi diperparah oleh penggunaan air yang berlebihan. Dalam hal tersebut, manusia telah merusak bumi dan menghancurkan kapasitasnya untuk menerima,menyerap dan menampung air. Pembabatan hutan dan pertambangan telah menghancurkan kemampuan serap yang dimiliki tanah untuk menyimpan air. Hal lain yang tak bisa dipungkiri, meningkatnya penggunaan bahan bakar minyak telah menyebabkan polusi udara dan perubahan iklim yang menjadi penyebab utamanya banjir dan kekeringan..

5.yang harus kita lakukan terhadap lingkungan untuk menanggulangi masalah krisis air?
  •  melakukan reboisasi pada lahan yang gundul
  • membuat sumur resapan dan biopori untuk menyerap air hujan pada saat musim hujan

6. apa yang dimaksud dengan banjir?
Banjir adalah peristiwa terendamnya daratan akibat meluapnya air sungai karena tidak dapat menampung debit air,tersumbatnya aliran sungai dan kurangnya sumur resapan dilingkungan yang terkena banjir.

7. mengapa di dataran tinggi terjadi banjir pula?
didataran tinggi dapat terjadi banjir karena kurangnya daerah resapan air sehingga air hujan yang jatuh didak terserap melainkan langsung mengalir di permukaan sehingga terjadi banjir.

8. apa bedanya banjir bandang dengan tsunami?
  • Banjir Bandang adalah banjir di daerah di permukaan rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba.
  • Tsunami adalah gelombang air laut yang datang tiba-tiba kepermukaan yang disebabkan oleh adanya gempa tektonik didasar laut.
9.apa yang harus kita lakukan untuk menanggulangi banjir?
  • menyediakan sistem perparitan dan saluran drainase
  • melakukan pendalaman sungai yang sudah dangkal
  • memelihara hutan dan melakukan penghijauan di area yang sudah gundul
  • membuat sumur resapan air hujan dan membuat biopori
  • tidak membuang sampah ke sungai
  • tidak mendirikan bangunan disekitar bantaran sungai serta menanami bantaran sungai dengan pepohonan
  • menjaga kondisi sungai agar tidak tersumbat
10.jelaskan fenomena di masyarakat menyangkut krisis energi (BBM,listrik)
krisis energi di masyarakat terjadi akibat pemborosan dalam penggunaan energi, baik listrik maupun BBM. krisis energi menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, diantaranya yaitu:
  • kenaikan harga BBM dan tarif listrik
  • banyak ditemukaan kelangkaan BBM serta adanya antrian panjang saat membeli BBM
  • adanya kebijakan pemadaman listrik bergilir disetiap daerah
  • banyaknya usaha kecil dan menengah yang gulung tikar akibat dari kenaikan harga BBM dan listrik sehingga angka pengangguran mengalami peningkatan kembali. Akibatnya angka kriminalitas pun ikut meningkat.
11.jelaskan dampak krisis energi tersebut terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat!
banyaknya usaha kecil dan menengah yang gulung tikar akibat dari kenaikan harga BBM dan listrik sehingga angka pengangguran mengalami peningkatan kembali.meningkatnya tingkat pengangguran mengakibatkan angka kriminalitas pun meningkat,akibatnya banyak orang yang didorong oleh himpitan ekonomi melakukan perbuatan kriminal, seperti pencopetan dan pencurian hal ini pun semakin meresahkan masyarakat.


12.Apa penyebab terjadinya krisis energi dan bagaimana cara menanggulanginya?
  • Penyebab utamanya adalah semakin bertambahnya populasi manusia , kedua adalah modernisasi hampir disemua belahan bumi . Ketiga adalah pertumbuhan penduduk tidak dibarengi dengan kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem . keempat adalah pemborosan dalam penggunaan energi.
  • cara menanggulanginya menciptakan dan memakai produk ramah lingkungan dan melakukan penghematan dalam pemakaian energi secara efektif dan efisien.
13, adakah hubungan dengan kerusakan lingkungan?jelaskan!
ada, pemakaian energi dan pemanfaatannya secara eksploitasi besar-basaran untuk memenuhi kebutuhan  dapat menimbulkan kerusakan pada sember energi,eksploitasi yang besar-besaran membuat energi cepat habis sehingga menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem.

14.Bagaimana fenomena krisis pangan dalam lahan yang terjadi di Jawa Barat?
 krisis Pangan di daerah jawa barat terjadi karena terjadinya eksplosi hama dan penyakit pada tanaman para petani Jawa Barat,terjadinya bencana alam berupa kekeringan, banjir, gempa bumi, gunung
meletus dan sebagainya,terjadinya kegagalan tanaman pangan makanan pokok dan terjadinya penurunan persediaan bahan pangan.

15.mangapa banyak petani yang beralih profesi?
Banyak petani yang beralih profesi karena tergiur dengan penghasilan profesi lain yang lebih besar,untuk itu banyak petani yang melakukan urbanisasi ke kota. selain itu penyebab eanyaknya petani yang berpinadah profesi adalah adanya kekeringan dan gagal panen yang menyebabkan kerugian yang besar,untuk itu petani terdorong untuk berpindah profesi.

16.Bagaimana usaha pemerintah menanggulangi masalah ini?
menyediakan kebutuhan sembako bagi masyarakat dengan melakukan import pangan dari negara lain serta melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian

17.Bagaimana pendapat mu tentang RUU LPPA?
RUU LPPA sebaiknya benar-banar dilaksanakan secara nyata agar pertanian tidak beralih fungsi lahan dan kebutuhan pangan dalam negeri terpenuhi dan tidak terjadi lagi krisis pangan.

18.Apa yang menjadi kendala dalam melaksanakan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian?
Kendalanya yaitu pada banyaknya lahan yang mengalami alih fungsi serta banyaknya gangguan pada tanaman karena hama dan juga kendala dalam pensosialisasiannya kepada petani.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar